Friday, December 8, 2017

Benarkah Kiamat Sudah Dekat? Inilah Faktanya!!!

Benarkah Kiamat Sudah Dekat?

Benarkah Kiamat Sudah Dekat??? Inilah Faktanya!!!
Belakangan ini di media sosial banyak postingan yang intinya menyatakan bahwa kiamat sudah sudah dekat! Benarkah kiamat sudah dekat? Lalu apa dasar dan alasannya???
Dalam postingan itu dijelaskan bahwa zaman itu dibagi menjadi lima:
Pertama: Zaman Nubuwwah (Zaman kenabian) Dimulai dari zaman Nabi Adam As., sampai zaman Nabi Muhammad Saw.)
Kedua: Zaman Khilafah l (Zaman kekhalifahan sahabat -sahabat Nabi). Zaman ini meliputi masa Khalifah Abu Bakar, Khalifah Umar, Khalifah Utsman dan Khalifah Ali bin Abi Thalib.
Ketiga: Zaman Al-mulk (Zaman kerajaan). Zaman ini berakhir dengan runtuhnya Dinasti Utsmani diturki.
Keempat: Zaman Jababirah (Zaman Penguasa-penguasa Zalim) Yaitu zaman dimana maksiat ada dimana-mana. Fitnah-fitnah bertebaran untuk melemahkan kaum Muslimin. Orang yang tidak memiliki kompetensi dan zhalim menjadi penguasa (pemimpin). Pada zaman ini jumlah kaum muslimin sangat banyak, tetapi mereka bagaikan buih di lautan, terombang ambing kesana kemari.
Kelima: Zaman Khilafah ll. Zaman yang penuh keadilan dan kedamaian seperti pada Zaman Rasulullah. Pada zaman ini kaum muslimin dipimpin Imam Mahdi. Zaman ini hanya berlangsung selama kurang lebih sembilan tahun. Pada zaman ini pula Dajjal muncul, kemudian Nabi Isa as muncul dan diberi tugas untuk membunuh Dajjal dan meng-Islamkan orang2 Kafir.
Kemudian dipaparkan prediksi beberapa ulama mengenai usia umat Islam. Dijelaskan bahwa beberapa ulama hadits  telah memprediksi umur ummat Islam, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Ibnu Hajar Asqalani, seorang ulama , penulis kitab Fathul Bari, mengatakan bahwa umur umat Islam sampai 1476 H.
2. Imam As-syuyuthi, salah seorang ulama madzhab Syafi’i menjelaskan bahwa umur umat Islam sampai 1477 H.
3. Ibnu Hajar Al-Hambali mengatakan bahwa umur umat Islam lebih dari 1400 H., namun tidak sampai 1500 H.
Kemudian mereka juga juga mendukung argumen mereka dengan menyebutkan tanda-tanda kiamat yang disinyalir sudah bermunculan, diantaranya adalah:
Pertama; Badan Meteorologi dan Geofisika menyatakan bahwa dunia akan dilanda kekeringan dan kemarau panjang. Kemarau panjang ini diperkirakan akan terjadi pada tahun 2019 hingga 2022. Fakta lain adalah bahwa cadangan air dunia saat ini hanya tinggal 3% saja. Ini berarti bahwa keluarnya Dajjal sudah di ambang pintu, dan setelahnya akan muncul Imam Mahdi untuk menegakkan keadilan. Dalam hadits tentang kisah Tamim Ad-Dari dijelaskan bahwa keluarnya Dajjal di tandai dengan keringnya danau Thabariyyah (Tiberias), keringnya mata air Zughar, dan pohon kurma Baisan tidak berbuah lagi. Dan, jika kita melihat realita, ketiga pertanda tersebut sekarang benar-benar sudah terjadi.
Beberapa tahun belakangan ini pohon kurma di Baisan tidak berbuah. Mata air Zughar juga sudah mulai berkurang. Kemudian yang paling mencengangkan lagi adalah bahwa debit air di danau Tiberias, Israel, sudah berkurang drastis.
Kedua; Munculnya Imam Mahdi, seperti yang pernah diisyaratkan Rasulullah, akan ditandai dengan wafatnya Raja yang namanya memiliki makna hewan. Bisa jadi, raja yang dimaksud dalam hadis ini adalah Raja Fahd (karena Fahd artinya adalah singa). Setelah itu, akan terjadi perebutan kekuasaan dan yang berhasil naik tahta adalah seorang raja yang banyak dosa. Setelah itu, ia meninggal dunia dan digantikan raja yang baik. Bisa jadi, raja baik yang dimaksud adalah Raja Salman. Di masa atau setelah masa pemerintahan Raja Salman inilah terjadinya pembaiatan atas Imam Mahdi. Wallahu a’lam.
Itulah, argumen dan bukti-bukti yang dipaparkan, yang menurut mereka mengindikasikan bahwa kiamat sudah dekat. Tapi, benarkah demikian?? Mari kita lihat faktanya!!
Fakta Pertama:
Benar, sebagian ulama mengatakan bahwa umur umat muhammad tidak lebih dari 1500 tahun. Diantara ulama yang berpendapat demikian, seperti yang telah dijelaskan di atas, adalah Imam Suyuthi. Hal ini dijelaskan beliau dalam kitab Al-Hawy. Dalam kitab ini beliau menjelaskan bahwa umur dunia tidak lebih dari 6 ribu tahun, dan Nabi Muhammad diutus pada pertengahan kedua milenium ke enam. Itu artinya, usia umat Muhammad lebih dari 1000 tahun, tapi kurang dari 1500 tahun.
Pendapat Imam Suyuthi ini sebenarnya bukan omong kosong, karena didadasarkan pada beberapa hadis. Namun, perlu dicatat bahwa hadis-hadis atau atsar yang dijadikan landasan beliau ini, menurut sebagian besar ulama hadis, adalah hadis dhaif, hadis maudhu’, atau bahkan termasuk israiliyyat. Diantara ulama yang mengatakan demikian adalah Ibnu Qayyim dalam kitab “Al-Manar”, Ibnu Katsir dalam kitab “An-Nihayah”, dan as-Sakhawy dalam kitab “Al-Maqashid al-Hasanah”.
Kedua: Jika apa yang dikatakan Imam Suyuthi tentang hari kiamat ini benar, berarti semua orang tahu kapan hari kiamat akan datang. Ini jelas bertentangan dengan ayat-ayat Al-Quran dan Sunah Nabi bahwa tidak ada yang mengetahui kapan hari kiamat datang, kecuali Allah Swt. Allah Swt. telah berfirman,
يَسْـئَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ اللَّهِ
(Manusia bertanya kepadamu) yakni penduduk Mekah (tentang hari kiamat) kapankah akan terjadi. (Katakanlah! "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu hanya di sisi Allah". (QS. Al-Ahzab: 63)
Kemudian, diantara hadis yang menjelaskan bahwa tidak ada yang mengetahui kapan hari kiamat tiba selain Allah, adalah hadis terkenal yang menceritakan bahwa saat Jibril bertanya tentang hari kiamat kepada Nabi, beliau menjawab,
ما المسؤول عنها بأعلم من السائل
 “Yang ditanya tentang hari kiamat tidak lebih tahu dari yang bertanya.”
Ketiga: Pernyataan Imam Suyuthi bahwa umur umat Muhammad tidak lebih dari 1500 terbantahkan dengan pernyataan beliau sendiri. Sebab, beliau mengatakan bahwa Imam Mahdi akan muncul setelah 1200 tahun. Kenyataannya, 1200 tahun telah berlalu, tapi Imam Mahdi belum juga muncul ke dunia.
Beliau juga mengatakan bahwa setelah matahari terbit dari barat, manusia punya sisa waktu hidup di dunia selama 120 tahun, kemudian akan datang hari kiamat. Nah, kalau benar umur umat Muhammad tak lebih dari 1500 tahun, seharusnya matahari sudah terbit dari barat. Tapi realitanya hal itu tidak terjadi.
Kesimpulan:
Tidak ada yang tahu kapan hari kiamat tiba. Karena Allah telah menjelaskan bahwa yang mengetahui kapan datangnya hari kiamat hanya Dia sendiri. Dengan demikian, jika ada pernyataan, artikel, atau apa saja yang mengatakan bahwa kiamat sudah dekat, itu jelas bertentangan dengan ayat-ayat Al-Quran dan Hadis Rasulullah.
Satu yang pasti adalah bahwa hari kiamat pasti ada dan semakin dekat seiring dengan semakin tuanya umur dunia. Untuk itu, satu hal yang dapat kita ambil dari artikel atau pernyataan yang menyatakan bahwa hari kiamat sudah dekat adalah: ibrah, hikmah, dan pelajaran. Agar kita senantiasa ingat bahwa hari kiamat itu pasti akan datang, entah kapan. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri kita sebaik-baiknya untuk hari itu. Mempersiapkan diri dengan ibadah dan amal baik. Wallahu A’lam
Terakhir, jika Anda merasa Artikel ini penting dan harus diketahui orang banyak, silahkan dishare atau dibagikan ke teman-teman. Dengan membantu meng-share tulisan ini, berarti Anda ikut berdakwah menyebarkan kebaikan dan meluruskan kesalahan. Karena Rasulullah telah bersabda, "Sampaikanlah/sebarkanlah dakwah dari kami, meski hanya satu ayat." 
Terimaksih

No comments:

Post a Comment