Friday, November 10, 2017

TERJEMAH MATAN KITAB TAQRIB (MUQADDIMAH)

Matan Kitab Fathul Qorib (Matan al-Ghayah wa at-Taqrib), atau yang lebih dikenal dengan Kitab Taqrib, termasuk salah satu kitab fikih madzhab Syafi’i yang paling populer di kalangan para santri dan penuntut ilmu. Kitab kuning yang satu ini dipelajari hampir di seluruh pondok pesantren salaf yang ada di Indonesia. Tidak mengherankan, karena Kitab Fathul Qorib ini memang sengaja ditulis dengan metode yang sangat sederhana dan disusun dengan sangat ringkas. Meskipun demikian, Matan Kitab Fathul Qorib ini telah mencakup sebagian besar persoalan yang ada dalam  fikih Islam. Untuk itu, selain sangat penting untuk dipelajari, matan Kitab Fathul Qorib ini juga cocok para pemula yang ingin mempelajarinya atau menghafalnya.

Namun, usaha untuk mempelajari dan memahami Matan Kitab Fathul Qorib terkadang terkendala dengan harakat dan arti. Bahkan, para santri yang sudah mengaji dengan cara menyimak bacaan Bapak Kyai dan mememberi arti dengan makna gandul pun terkadang masih kesulitan untuk membaca Matan Kitab Taqrib dengan benar, apalagi memahami isinya dengan benar.
Untuk itu, dalam kesempatan ini kami berusaha membantu para santri yang sedang mempelajari Matan Kitab Fathul Qorib, dengan cara menyediakan Matan Kitab Fathul Qorib yang sudah ada harakatnya, sekaligus  menyediakan terjemahnya. Dengan harapan, dengan adanya tejemah Matan Kitab Fathul Qorib ini, para santri yang sedang belajar Matan Kitab Fathul Qorib tidak kesulitan lagi untuk membaca atau memahaminya.
Insya Allah, terjemah Matan Kitab Fathul Qorib ini akan kami update secara berkala. Semoga, pada akhirnya nanti kami bisa merealisasikan dan menyelesaikan niat baik ini. Amin Ya Mujibassailin...
 Sebagai pembuka, kami akan memulai dengan mukaddimah...


مقدمة
Muqaddimah
بسم الله الرحمن الرحيم
اْلحَمْدُ للهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ وَآلِهِ الطَّاهِرِيْنَ وَصَحَابَتِهِ أَجْمَعِيْنَ.
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya kepada junjungan kita Nabi Muhammad, seluruh keluarganya yang suci, dan para sahabatnya.
قَالَ اْلقَاضِي أَبُوْ شُجَاعٍ أَحْمَدُ بْنُ اْلحُسَيْنِ بْنِ أَحْمَدَ اْلأَصْفِهَانِيُّ رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى:
Al-Qadhi Abu Syuja’ Ahmad bin Husain bin Ahmad al-Asfihany – semoga Allah Swt. memberikan rahmat kepada beliau.
سَأَلَنِيْ بَعْضُ اْلأَصْدِقَاءِ حَفِظَهُمُ اللهُ تَعَالَى أَنْ أَعْمَلَ مُخْتَصَرًا فِي اْلفِقْهِ عَلَى مَذْهَبِ اْلإِمَامِ الشَّافِعِيِّ رَحْمَةُ اللهِ تَعَالَى عَلَيْهِ وَرِضْوَانُهُ فِي غَايَةِ اْلاِخْتِصَارِ وَنِهَايَةِ اْلإِيْجَازِ لِيَقْرُبَ عَلَى اْلمـُتَعَلِّمِ دَرْسُهُ وَيَسْهُلَ عَلَى اْلـمُبْتَدِئِ حِفْظُهُ
Sebagian sahabat – semoga Allah selalu melindungi mereka – meminta saya agar membuat ringkasan fikih madzhab Syafi’i – semoga rahmat dan ridha Allah senantiasa atas beliau – dengan seringkas-ringkasnya dan sesederhana mungkin, agar mudah bagi para pelajar untuk mempelajarinya, dan mudah bagi para pemula untuk menghafalnya. 
وَأَنْ أُكْثِرَ فِيْهِ مِنَ التَّقْسِيْمَاتِ وَحَصْرِ اْلخِصَالِ
Saya juga diminta agar memperbanyak bagian-bagiannya dan meringkas persoalan-persoalannya.
فَأَجَبْتُهُ إِلَى ذَلِكَ طَالِبًا لِلثَّوَابِ رَاغِبًا إِلَى اللهِ تَعَالَى فِي التَّوْفِيْقِ لِلصَّوَابِ
Maka saya memenuhi permintaan itu seraya mengharap pahala dan dengan mengharap pertolongan dari Allah Swt. agar dipermudah dalam memperoleh kebenaran.
إِنَّهُ عَلَى مَا يَشَاءُ قَدِيْرٌ وَبِعِبَادِهِ لَطِيْفٌ خَبِيْرٌ.
Sesungguhnya Allah adalah Dzat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu yang dia kehendaki, dan Maha Lembut serta waspada atas hamba-hamba-Nya.


3 comments: