Sunday, April 29, 2012

Aneka Resep Masakan Praktis Untuk Balita


Banyak ibu muda yang kebingungan untuk menyiapkan menu makanan untuk Balita mereka. Padahal, menyiapkan menu makanan untuk balita sebenarnya sangat mudah. Yang penting kita tahu resep dan mau mencobanya. Dengan menyiapkan sendiri resep masakan untuk balita, kita bisa lebih hemat, dan tentunya juga lebih sehat. Kita juga bisa mengontrol berbagai kandungan gizi yang dibutuhkan balita kita dan membuat masakan lebih variatif.  Karena kita bisa membuat aneka nasi tim, pudding susu, bubur, dan lain sebagainya.
Dengan begitu, selain tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja, kebutuhan gizi bayi kita juga tercukupi. Langsung saja, berikut ini adalah beberapa resep sehat dan praktis untuk Balita:

Pertama: Aneka Nasi Tim Saring:

1.      Nasi Tim Saring Ikan Kakap
Bahan-bahan yang diperlukan:
20 gr beras
625 cc air
25 gr ikan kakap
30 gr tahu
25 gr tomat dipotong kecil
25 gr kangkung iris kasar
1 sdt mentega (mentega unsalted merek anchor)
Cara Memasak:
Rebus beras, air, ikan, dan tahu sampai menjadi bubur, masukan kangkung dan tomat hingga matang. Masukan mentega sambil diaduk. Setelah dingin haluskan dengan blender.
2.      Nasi Tim Saring Brokoli
Bahan-bahan yang diperlukan:
20 gr beras
625 cc air
25 gr daging giling
25 gr brokoli buang tangkainya
25 gr tomat dipotong kecil
1 butir kuning telur ayam kampung
10 gr keju parut
Cara Memasak:
Rebus beras, air, dan daging giling sampai menjadi bubur, masukan brokoli dan tomat hingga matang. Masukan kuning telur dan keju parut sambil diaduk. Setelah dingin haluskan dengan blender.
3. Nasi Tim Saring dengan Telur
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
20 gr beras
625 cc air
25 gr tempe
25 gr daun kangkung
25 gr tomat dipotong kecil
1 butir kuning telur ayam kampong
1 sdt mentega (unsalted)
Cara Memasak:
Rebus beras, air, dan tempe hingga menjadi bubur. Kemudian masukan kangkung dan tomat hingga matang. Masukan kuning telur dan mentega sambil diaduk. Setelah dingin haluskan menggunakan blender.
4. Nasi Tim Saring Dengan Teri
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
20 gr beras
625 cc air
25 gr tempe
25 gr daun bayam
25 gr tomat dipotong kecil-kecil
1 sdm teri bubuk
1 sdt mentega
Cara Memasak:
Rebus beras, air, dan tempe sampai menjadi bubur. Setelah itu, masukan bayam, tomat, dan teri bubuk hingga matang. Masukan mentega sambil diaduk. Setelah dingin haluskan dengan blender.
Anda bisa membuat teri bubuk sendiri dengan cara: cuci teri medan dengan jumlah yang anda inginkan. Lalu sangria hingga kering dan berwarna kecoklatan. Tumbuk halus teri sangria dan simpan dalam tempat kering yang tertutup.
5. Nasi Tim Saring Dengan Daging
Bahan-bahan yang diperlukan:
20 gr beras
625 cc air
25 gr daging giling
50 gr tahu
50 gr ayong
25 gr tomat potong kecil
1 sdt mentega
Cara Memasak:
Rebus beras, air, daging giling, dan tahu hingga menjadi bubur, masukan oyong dan tomat hingga matang. Masukan mentega sambil diaduk. Setelah dingin haluskan dengan blender.
6. Nasi Tim Saring Hati Sapi
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
20 gr beras
625 cc air
25 gr hati sapi
25 gr tempe
50 gr labu kuning
25 gr tomat dipotong kecil
1 sdt mentega
Cara Memasak:
Rebus beras, air, hati sapid an tempe hingga menjadi bubur. Kemudian masukan labu kuning dan tomat hingga matang. Masukan mentega sambil diaduk. Setelah dingun haluskan dengan blender.
7. Nasi Tim Saring Isi Keju
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
20 gr beras
625 cc air
25 gr daging ayam
25 gr tempe
25 gr buncis
25 gr tomat potong kecil
10 gr keju parut
Cara Memasak:
Rebus beras, air, daging ayam, dan tempe hingga menjadi bubur. Masukan buncis dan tomat hingga matang. Masukan keju parut sambil diaduk. Setelah dingin haluskan dengan blender.
8. Nasi Tim Saring Dengan Wortel
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
20 gr beras
625 cc air
25 gr daging ayam giling
25 gr tempe
25 gr wortel potong kecil
25 gr tomat potong kecil
1 sdt mentega
Cara Memasak:
Rebus beras, air, daging ayam giling dan tempe sampai menjadi bubur, masukan wortel, dan tomat hinggaa matang. Masukan mentega sambil diaduk. Setelah dingin haluskan dengan blender.

Kedua: Aneka Bubur

1. Bubur Nasi, Wortel, Bayam, kaldu ikan
Wortel dan bayam campur dengan bubur nasi, rebus lagi dengan kaldu ikan sampai lunak. Campurkan juga, ikan yang dibuang duri, kulitnya dan tahu putih, tebus, tiriskan. Cincang ikan dan tahu hingga halus. Campur semuanya menjadi satu. Tambah sedikit kecap asin.
2. Bubur Kentang, Brokoli, Wortel, Kandu Ikan
Caranya: Ikan teri (yang basah dan halus) direbus sampai lunak, campur dengan ½ kuning telur. Parut wortel dan brokoli campur dengan bubur nasi, rebus kembali dengan kaldu teri sampai lunak. Tambahkan sedikit mayoneis, aduk dengan sendok sampai halus dan lunak. Bisa juga ditambah dengan labu kuning yang direbus sampai lunak, dan dihaluskan dengan sendok.
3.      Bubur macaroni, Ikan Tuna, Keju Parut
Caranya: ikan tuna, macaroni, keju parut direbus sampai lunak, beri susu formula 30 cc, rebus lagi hingga lunak dan matang. Tambahkan bunga kol dan tomat tanpa biji yang direbus, dan dihaluskan.
4.      Bubur roti, Pisang, Ubi Merah
Rebus ubi merah sampai halus dan lunak, masukan roti dan pisang yang sudah dihaluskan dengan sendok. Campur 30 cc susu formula, rebus lagi hingga matang.
5. Bubur Nasi Polos
Caranya: Nasi yang sudah matang 3 sdm, tambahkan air secukupnya, rebus hingga menjadi bubur nasi yang halus dan agak kental (kira-kira 15 menit). Jika ingin lebih cepat, rebus nasi hingga mendidih (kira-kira 5 menit) lalu blender hingga halus. Untuk bubur nasi polos ini bisa dibuat dalam jumlah besar. Simpan dalam plastic dan letakan difreezer. Jika ingin digunakan cukup dipanaskan dengan microwave atau direndam dengan air panas.
6. Bubur Roti Polos
Caranya: sediakan roti tawar ½ lembar tanpa kulit coklatnya. Cabik kecil-kecil rebus dengan air secukupnya sampai setengah lunak. Bila sudah ½ lunak, campur susu formula 30 cc, rebus kembali hingga mendidih dan lunak.
7.  Bubur Makaroni Polos
Caranya: rebus macaroni sampai ½ lunak dengan air panas. Setelah ½ lunak, masukan susu formula 30 cc, rebus kembali hingga mendidih dan lunak.
8. Bubur Kentang Polos
Rebus 1/3 kentang ukuran sedang sampai ½ lunak dengan air panas. Setelah ½ lunak, masukan 30 cc susu formula, rebus sampai mendidih dan lunak.
9. Bubur Cornflake
Caranya: rebus 2-3 sdm cornflake sampai ½ lunak. Setelah ½ lunak masukan 30 cc susu formula, rebus kembali hingga mendidih dan lunak.
10. Bubur Havermuth
Caranya: rebus 2-3 sdm havermunt sampai ½ lunak dengan air panas. Setelah ½ lunak masukan 30cc susu formula, rebus kembali sampai mendidih dan lunak.
11. Bubur Jagung
Caranya: serut biji jagung muda, rebus sampai lunak dengan air panas. Tambahkan 30 cc susu formula, rebus kembali sampai mendidih dan lunak. Terakhir, saring untuk menghilangkan kulitnya.
12. Bubur Beras Merah
Caranya: Bubur instant beras merah campur dengan susu formula 30 cc, aduk sampai rata dan halus.
13. Bubur Kacang Hijau
Bubur instant kacang hijau campur dengan susu formula 30 cc, aduk sampai rata dan halus. Semoga bermanfaat.

2 comments: