Wednesday, March 21, 2012

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal madu? Si kental manis ini, selain rasanya yang manis dan segar, ternyata juga menyimpan banyak sekali vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Ironisnya, tak banyak orang yang mengetahui manfaat madu. Madu (mel depuratum) memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Madu juga bisa menyembuhkan atau mencegah beberapa penyakit kronis. Mari kita simak manfaat madu:
1. Melancarkan pencernaan, mencegah atau mengobati sakit maag.
Campurkan satu atau dua sendok madu ke dalam secangkir yogurt, minum dua jam sebelum tidur.
Minuman ini dapat melancarkan pencernaan, mencegah atau mengobati sakit maag. Dapat juga untuk mengobati mengobati sakit perut lainnya, seperti kembung, mual, perut perih akibat telat makan. Selain itu juga bermanfat menyeimbangkan cairan tubuh dan menyehatkan kulit.
Jika anda kurang menyukai campuran madu atau yogurt, anda jug dapat menggantinya dengan mencampur 2 atau 3 sendok madu ke dalam segelas air susu hangat. Disarankan untuk memilih susu cair daripada susu bubuk. Jika anda terpaksa menggunkan susu bubuk, sebaiknya tidak usah ditambahkan gula.
2. Menyegarkan badan dan menambah nafsu makan.
Larutkan 2 atau 3 buah asam jawa ke dalam air hangat, tambahkan satu atau dua sendok madu. Minuman ini sangat berkasiat untuk menyegarkan badan yang lemas dan juga menambah nafsu makan. Untuk menambah nafsu makan, minumlah 2 jam sebelum tidur. Manfaat lainnya, minuman ini juga dapat meringankan mual dan juga bau mulut.
3. menurunkan tensi darah dan juga mengobati berbagai kanker di sekitar pencernaan.
Ambilah satu buah mengkudu, potong kecil-kecil lalu blender. Setelah halus campur dengan satu atau dua sendok madu. Mengkudu mengandung zat ekstrak untuk menurunkan tensi darah. Jika dicampur dengan madu, maka kasiatnya akan bertambah. Jika anda menderita kanker di sekitar pencernaan, (seperti kanker lambung, usus, prostate, empedu, kantong kemih, pembuluh ginjal), maka makanlah campuran mengkudu dan madu ini satu bulan berturut-turut sehari sekali. Bila anda menderita darah tingi, cukup mengkonsumsi campuran tersebut seminggu 3x.
4. menyembuhkan penyakit ginjal dan asam urat akut.
Potonglah buah semangka kecil-kecil kemudian rebus dengan 2 gelas air. Setelah mendidih angkat dinginkan. Campurkan satu atau dua sendok madu asli ke dalam jus semangka rebus. Jika anda menderita asam urat maka kulitnya jangan dibuang. Bagi penderita ginjal minumlah diwaktu malam sebelum tidur dan pagi hari sebelum sarapan. Ramuan ini dapat juga mengobati sakit pinggang yang disebabkan kurangnya cairan dalam tubuh. Baik juga untuk penderita kekeringan selaput dan pangkal ginjal.
5. Menyembuhkan penyakit jantung, radang paru-paru dan penyakit lambung.
Seduh 2 lembar daun mahkota dewa selama kurang lebih 5 menit. Tambahkan sesendok madu murni ke dalam seduhan tersebut.  Jika anda penderita sakit jantung, paru-paru minumlah 2x sehari dan hindari begadang. Jika anda penderita sakit lambung, minumlah seminggu 3x. Selain mengobati penyakit di atas, ramuan ini juga bermanfaat untuk membantu mengurangi potensi sel-sel kanker dalam tubuh dan juga meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat setelah sakit. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh setelah sakit minumlah 1x setiap hari.
6. Menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.
Campurkan 2 sendok minyak zaitun dengan satu sendok madu, campurkan dalam ½ gelas air hangat. Minumlah setiap pagi sebelum beraktifitas. Campuran minyak zaitun dan madu tadi dapat juga dicampurkan dalam masakan, seperti salat atau sayur-sayuran.
Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, bermanfaat juga untuk menyembuhkan tegang jantung yang diakibatkan penyempitan pembuluh darah. Dapat juga untuk mencegah keputihan.
7. Mengobati nyeri kepala karena kecapekan atau kurang tidur.
Untuk mengobati nyeri kepala karena kecapekan atau kurang tidur, campurkan satu atau dua sendok madu ke dalam segelas kecil  air hangat. Minumlah sebelum tidur. jika anda merasa sering pegal-pegal pada leher atau punggung sehabis bekerja keras, minumlah ramuan tadi sebelum dan sesudah bekerja.
8. Menurunkan panas dalam, kanker hati dan sensitifitas kerja usus.
Jika anda termasuk penderita penyakit di atas, seduh tiga iris kayu manis ke dalam segelas kecil air panas, campurkan dua sendok madu, aduk hingga rata. Minumlah setiap malam setelah makan atau selesai beraktifitas. Ramuan ini baik juga untuk menghilangkan rasa mual, juga badan pegal-pegal.
9. Membantu mengurangi bronchitis dan asma.
Rebus beberapa daun cengkeh dengan 3 gelas air, tunggu hingga menjadi 1 gelas.  Campurkan satu atau dua sendok madu, aduk rata. Minum sekali sehari secara teratur. Jika anda penderita bronchitis, hindari begadang dan angin malam. Ramuan tersebut juga dapat membantu mengobati nyeri saat haid atau keputihan. Untuk penderita nyeri haid, minumlah ketika datang bulan.
10. Mengobati kanker usus dan peradangan di lambung.
Sediakan 2 lobak putih, parut dan peras airnya. Campurkan 2 sendok madu dalam perasan air lobak. Aduk hingga rata. Tunggu beberata saat hingga campuran mengendap. Minumlah sekali sehari selama seminggu. Dapat juga untuk melancarkan kencing yang tidak tuntas dan memperbaiki saluran kencing.
11. Menyembuhkan panas dalam, amandel dan kanker selaput lambung.
Tumbuk satu ruas kunyit hingga gepeng campur ke dalam setengah cangkir kecil air panas, tambahkan 2 sendok madu. Aduk hingga rata. Minumlah sehari 2x siang dan malam setelah makan. Baik juga untuk mengobati lambung dingin atau panas, atau kebanyakan asam lambung.
12. mengobati batuk dan juga sakit tenggorokan kering dan berlendir.
Peras ½ jeruk nipis ke dalam wadah. Campurkan 1 sendok air hangat dan juga 1 sendok madu. Aduk hingga rata. Minumlah setiap hari. Dianjurkan untuk diminum sebelum tidur. Jika anda penderita sakit maag dianjurkan meminumnya setelah makan dan tidak boleh lebih dari 8 hari. Dapat juga untuk meringankan radang pembuluh pernafasan (pneumonia) yang diakibatkan oleh flek paru-paru.
13.       Meningkatkan vitalitas dan stamina yang sedang
menurun.
Tumbuk 1 ruas jahe dan campur dengan 1 sendok air hangat. Campurkan 1 butir kuning telor dan 1 sendok madu. Aduk hingga rata. Diamkan beberapa menit. Minum setiap hari atau seminggu 2x untuk menjaga stamina dan vitalitas.


No comments:

Post a Comment