Wednesday, June 20, 2012

Pemeriksaan Kehamilan dan Manfaatnya


 Masa-masa kemahilan merupakan masa yang paling istrimewa bagi seorang ibu. Apalagi jika kehamilan itu adalah kehamilan pertama. Mungkin dia akan mencari berbagai macam informasi tentang kehamilan. Dan, salah satu informasi penting tentang kehamilan adalah yang terkait dengan pemeriksaan kehamilan dan kesehatan janin. Seberapa pentingkah pemeriksaan kehamilan bagi janin yang ada dalam kandungan? Kapan kita harus mulai melakukan pemeriksaan kehamilan untuk mengecek kesehatan janin yang ada dalam kandungan?

Secara umum, ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kehamilan (mengecek kesehatan janin) secara rutin. Ia boleh melakukan pemeriksaan kehamilan pada bidan atau dokter kandungan. Yang penting pemeriksaan kehamilan itu dilaksanakan secara rutin, paling tidak satu kali dalam tiga bulan. Untuk kandungan yang kurang normal, pemeriksaan bahkan harus dilakukan sesering mungkin, paling tidak sebulan sekali.
Pemeriksaan kehamilan seperti itu perlu dilakukan karena dalam pemeriksaan tersebut dilakukan monitoring terhadap kesehatan ibu dan bayi yang ada dalam kandungan. Dengan begitu, kita bisa mengetahui perkembangan kehamilan, kondisi janin, dan juga kelainan pada kehamilan yang diharapkan bisa ditangani secara dini.
Nah, berikut ini adalah pemeriksaan yang biasanya dilakukan pada masa-masa kehamilan:

Pemeriksaan Fisik:
Pemeriksaan fisik ibu hamil biasanya meliputi pemeriksaan berat badan, tinggi badan, tekanan darah, suhu tubuh, pemeriksaan perut, pemeriiksaan kaki, dan pembesaran rahim. Pemeriksaan ini penting dilakukan untuk memonitoring kesehatan sang ibu, yang secara otomatis akan berpengaruh pada kesehatan janin yang ada dalam kandungan.

Pemeriksaan perkembangan janin:
Pengecekan perkembangan janin dalam rahim biasanya dilakukan dengan cara memeriksa gerakan janin, memeriksa detak jantung janin,  atau melihat kondisi fisik janin dengan cara melakukan USG.

Terakhir, sebagian ibu-ibu mungkin bertanya: Mengapa kita mesti melakukan pemeriksaan kehamilan? Seberapa pentingkah pemeriksaan kehamilan bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya?
Secara umum, pemeriksaan kehamilan dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir angka kematian ibu hamil dan bayi yang dikandungnya. Adapun secara rinci, berikut adalah beberapa tujuan pemeriksaan kehamilan:
- Menjaga kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.
- Mencegah komplikasi atau penyakit-penyakit yang dapat mengganggu kehamilam dan proses melahirkan.
- Mendiagnosa penyakit  yang diderita ibu hamil dan mengobatinya sedini mungkin.
- Mempersiapkan  ibu hamil, baik secara fisik maupun mental, untuk menghadapi persalinan.

No comments:

Post a Comment