Wednesday, June 27, 2012

Jenis-jenis Makanan Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Anak


Mungkin banyak orang tua yang tahu bahwa nutrisi atau makanan sangat berpengaruh terhadap kecerdasan anak. Namun mereka kadang tidak tahu jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Untuk itu, kali ini kami akan berbagi pengetahuan tentang jenis-jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan kecerdasan anak:
Telur ayam:

Selain kaya akan protein, telur termasuk jenis makanan yang mudah didapat dan harganya juga relatif murah. Bagian kuning telur ternyata kaya akan kolin; suatu zat yang merupakan komposisi utama membran sel normal, serta memiliki peran penting dalam menjaga keutuhan membran sel dalam proses-proses biologi, seperti rangsangan informasi, komunikasi intrasel dan bioenergi. Singkatnya, karena kaya akan zat kolin, telur dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat. Untuk itu, usahakan untuk menyisipkan telur dalam menu anak Anda, terutama saat sarapan pagi.

Daging sapi:

Tidak diragukan lagi bahwa daging sapi kaya akan zat besi; salah satu jenis mineral yang sangat penting dan membantu anak-anak tetap berenergi sepanjang hari. Mengkonsumsi daging sapi 1 ons setiap hari sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan zat besi anak Anda. Mineral seng yang dikandungnya juga sanat membantu menjaga daya ingat agar tetap kuat.

Ikan Salmon:

Ikan salmon merupakan jenis ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Karena hampir 60% lemak pada sistem syaraf yang ada di otak adalah asam lemak tak jenuh ganda  atau Omega 3 dan 6. Di dalam tubuh, keduanya kemudian diubah menjadi AA dan DHA yang mampu meningkatkan ketajaman penglihatan dan kecerdasan anak.
Jika ikan salmon terasa berat di kantong, ikan tuna juga bisa menjadi alternative. Karena menurut penelitian para ahli, ikan tuna juga mengandung asam omega 3, meskipun tidak sebanyak ikan salmon.
Buah-buahan:

Secara umum, buah-buahan sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Apalagi buah-buahan dari keluarga Berry (Strawberry, Cherry, Blueberry, dan Blackberry). Berry termasuk buah-buahan yang mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfaedah mencegah kanker. Penelitian menunjukkan  bahwa orang yang mengkonsumsi buah blueberry dan strawberry, daya ingatnya lebih kuat. Selain itu, biji dari buah berry ternyata juga kaya akan asam lemak omega 3. Lengkap, kan?

Kacang-kacangan:

Sebagian besar orang mungkin mengenal kacang-kacangan hanya sebagai makanan ringan atau camilan biasa. Padahal kenyataannya, kacang-kacangan ini termasuk makanan spesial karena makanan ini mengandung energi yang sangat besar, dari protein serta karbohidrat kompleks yang dihasilkannya. Selain itu, kacang juga kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Kacang juga sangat baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi dan kemampuan berpikir anak-anak.

Sayur-sayuran:

Sayuran termasuk jenis makanan yang harganya paling murah bila dibandingkan dengan jenis makanan lainnya. Namun siapa sangka jika manfaatnya ternyata tak kalah dari jenis makanan lainnya. Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam, adalah contoh sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat. Untuk itu, tambahlah porsi sayuran pada makanan yang dikonsumsi anak Anda untuk meningkatkan kecerdasan otaknya.

Susu dan Produk-produk Olahannya:

Susu dan produk-produk olahannya (yogurt, keju, dsb.) sangat penting bagi otak karena mengandung protein dan vitamin B tinggi; dua jenis nutrisi yang penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan produk olahannya juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya bisa menjadi sumber energi bagi otak.

1 comment: