Tuesday, May 15, 2012

Wudhu saat Muka Penuh Make-up

Pertanyaan:
Saya adalah seorang pelayan wanita. Bolehkah saya berwudhu sementara wajah saya penuh dengan make-up, bedak, dan celak? Ataukah saya harus membersihkan semua yang menempel di wajah saya agar wudhu saya sah?


Jawaban:
Segala sesuatu yang menghalangi sampainya air wudhu ke kulit, akan membuat wudhu tidak sah, dan shalatnya juga tidak sah. Ia seperti perbuatan yang membatalkan wudhu. Karena Allah Swt. telah berfirman, “Apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu.” (QS. Al-Mâidah: 6) 
Jadi, air wudhu harus sampai ke permukaan kulit dan tidak ada yang menghalanginya, seperti alat-alat kosmetik. Untuk itu, dia harus menghilangkan make-up terlebih dahulu, kemudian baru berwudhu.

1 comment:

  1. yahhh...apa tidak ada kemudahan lg. soalnya akan ribet mmbersihkan make up setiap berwudhu.

    ReplyDelete