Thursday, May 10, 2012

Tips Agar Anak Rajin Membaca


Membaca merupakan cara paling efektif untuk berteman dengan buku. Sedang buku sendiri merupakan jendela dunia. Dengan buku kita dapat berkeliling dunia tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Dengan buku pula, kita berpotensi menjadi manusia yang kaya ilmu, berwawasan luas, lebih arif dan bijaksana. Sebagai orang tua, kita tentu ingin anak-anak kita bisa seperti itu. Tapi masalahnya adalah, bagaimana caranya agar anak-anak kita rajin membaca buku? Berikut beberapa tips agar anak-anak Anda tergila-gila pada buku:
1.      Ciptakan lingkungan membaca
Menciptakan lingkungan membaca yang kondusif di dalam rumah merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak. Jika sebagai orang tua kita rajin membaca, anak-anak kita pasti akan menirunya. Untuk memancing minat baca anak-anak, kita tidak harus membaca buku-buku ilmiah atau yang sejenisnya. Cukup dengan membaca koran setiap pagi atau sore, sedikit demi sekiti anak-anak kita pasti akan meniru kebiasaan kita. Jangan sampai kita memerintah mereka untuk membaca buku, sementara kita sendiri tidak pernah menyentuh buku. Atau paling tidak, temanilah anak-anak saat mereka sedang belajar. Lebih-lebih jika dirasa mereka akan membutuhkan bimbingan kita.
2.      Membacakan dongeng
Membacakan dongeng untuk si kecil mempunyai manfaat yang luar biasa. Pilihlah buku-buku dongeng yang bermutu dan baik untuk dikonsumsi anak-anak. Anda dapat membacakan cerita-cerita tokoh sukses dan perjuangan mereka. cerita-cerita tersebut bermanfaat untuk membangun jiwa sang anak. Jangan lupa pula untuk menyisipkan peran moral diakhir cerita. Pilihlah cerita yang menarik dan memiliki gambar dan warna yang terang, sehingga membuat anak tertarik dan penasaran dengan cerita tersebut. Mendongenglah dengan ekspresi, dan intonasi yang menjiwai, sehingga anak tertarik dan tidak bosan.
3.      Biarkan anak memilih buku bacaannya
Dengan membiarkan anak memilih buku bacaannya, itu seperti memberikan kebebasan kepada mereka. Dengan catatan, Anda tetap mengontrol buku bacaannya. Membiarkan mereka memilih buku bacaannya sendiri juga membuat mereka tertarik untuk menyelesaikan buku tersebut tanpa ada perasaan dipaksa dan terpaksa.
4.      Menghadiahkan buku kesukaan anak
Jangan sampai salah memberikan hadiah kepada anak. Memberikan hadiah pada anak secara terus menerus tanpa didasari alasan, seperti hadiah prestasi, ulang tahun dan sebagainya, sama halnya mendidik anak untuk manja. Namun, jika kita memberikan hadiah berupa buku, itu berarti kita telah menghadiahkan lembaran masa depan yang baik untuknya.
5.      Membuat perpustaan pribadi
Cara terbaik untuk menciptakan lingkungan membaca di rumah adalah dengan membuat perpustakaan pribadi. Kita tidak harus membeli berpuluh-puluh buku sekaligus untuk mengisi lemari perpustakaan di rumah. Cukup bertahap. Sesuai dengan waktu dan kebutuhan kita.
6.      Berkunjung ke perpustakaan atau toko buku
Berkunjung ke perpustakaan termasuk cara agar anak Anda tergila-gila dengan buku. Jangan lupa, disaat Anda berkunjung dengan anak ke perpustakaan, berbicaralah pada anak dengan lembut tentang manfaat buku. Seperti buku adalah jendela dunia, ilmu di dunia ini sangat banyak, dan lain sebagainya. Biarkan anak memilih buku yang mereka sukai.
7.       Memilihkan buku sesuai minat dan usia Anak
Agar anak tidak merasa bosan dan terpaksa membaca buku bacaan mereka, Anda bisa memilihkan buku sesuai minat dan usia anak Anda. Dengan begitu mereka Akan menikmati kegiatan membaca.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment