Tuesday, April 17, 2012

Sayur-Sayuran Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Kita sering kali menganggap sepele sayur-sayuran di sekitar kita. Asal tahu saja, sayur-sayur tersebut ternyata memiliki manfaat yang sangat besar untuk menjaga kesehatan dan juga merawat kecantikan kita. Berikut beberapa sayur-mayur yang bermanfaat untuk menjaga dan merawat kecantikan:
1.      Wortel

Wortel sangat kaya akan vitamin A yang berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kehalusan kulit. Dengan mengkonsumsi jus wortel segar secara teratur akan memberikan pengaruh besar terhadap kecantikan Anda. Seperti, mencegah timbulnya bintik-bintik dan noda hitam pada kulit, membuat kulit terlihat lebih bersih. Selain itu wortel juga sangat bermanfaat untuk nutrisi rambut dan mata, karena kedua organ tersebut sangat membutuhkan vitamin A.

2.      Mentimun

Mentimun sangat bermanfaat untuk menarik kotoran pada lubang pori-pori yang besar. Selain itu, ia juga sering digunakan sebagai pelindung yang sangat cocok untuk kulit sensitive. Mentimun juga dapat membantu memutihkan kulit, menghilangkan warna hitam yang melingkar di bawah mata, mengobati flek-flek hitam yang diakibatkan oleh sinar matahari, dan juga membersihkan noda-noda di wajah. Dapat juga untuk membersihkan dan melembabkan kulit.
3.      Daun Mint

Manfaat daun mint sangat banyak. Diantaranya, minyak daun mint dapat digunakan sebagai minyak lulur atau campuran air mandi, dapat juga digunakan untuk wewangian. Selain itu, manfaat lainnya adalah dapat dijadikan minuman seperti teh  yang berguna untuk mengobati gangguan radang pada usus besar. Seduhan air mint yang didinginkan dapat digunakan sebagai pembersih, pelembab kulit, dan juga berfungsi untuk membersihkan noda dan jerawat pada wajah.
4.      Brokoli atau kembang kol

Brokoli sangat kaya beta karoten. Sayuran dari famili crucifera ini memiliki kedahsyatan mencegah kanker, juga kaya Vitamin C, asam folat, sumber kalsium dan serat.
5.      Kentang

Kentang sangat kaya dengan Potassium, Vitamin C, Beta Karoten, dan serat. Sayuran ini juga bermanfaat untuk menghilangkan pembengkakan yang tampak di bawah kedua mata. Caranya, buatlah irisan setebal setengah senci lalu letakan di atas mata. Dapat juga untuk pembersih dan pelembab yang paling efektif bagi kulit senditif, atau menghilangkan bekas sengatan matahari (flek). Caranya, balurkan perasan buah kentang atau irisannya pada wajah.
6.   Tomat

Tomat yang terkenal dengan sebutan “Love Apple” ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Tomat sangat baik untuk menangani kulit berminyak dan kering sekaligus. Bermanfaat juga untuk melindungi dan mempersempit pori-pori kulit. Caranya, gunakan jus tomat atau irisan tomat sebagai masker.
7.      Paprika

Sayuran ini kaya Vitamin C, Beta karoten serta banyak mengandung serat. Semua kandungan yang terdapat pada paprika sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan anda.
8.      Daun Peterseli

Manfaat dari daun peterseli adalah untuk membersihkan kulit berminyak yang sering ditumbuhi jerawat, membersihkan pori-pori dari timbunan lemak dan kotoran. Dapat juga untuk obat berkumur guna menghilangkan bau mulut. Caranya, kunyahlah beberapa helai daun peterseli. Daun peterseli yang diseduh atau digodok bisa digunakan untuk mandi atau membersihkan bagian-bagian tertentu dari tubuh. Bermanfaat juga untuk membilas rambut yang kusut dan mencegah datangnya ketombe.  
Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. udah enak, sehat lagi..
    hmmmmm... nice posting.. thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mb... selamat memasak... tar kl dah jadi jgn lp kirim masakannya ya.. :)

      Delete