Saturday, November 18, 2017

Makanan ini ternyata khasiatnya luar biasa untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil

Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan kandungan

Makanan ini ternyata khasiatnya luar biasa untuk meningkatkankesuburan agar cepat hamil--Rumah MuslimahSalah satu tujuan seseorang menikah dan berkeluarga adalah untuk mendapatkan keturunanan.  Namun, tujuan ini kadang tak semudah yang diharapkan. Banyak pasangan yang sudah menikah selama bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun, namun belum juga dikaruniai keturunan. Tentu saja kondisi seperti ini tidak diharapkan pasangan suami istri karena dapat mengurangi keharmonisan rumah tangga.

Memang, anak adalah rezeki dan titipan Allah. Jika Allah belum menghendaki, jika Allah masih belum menititipkan, maka tidak ada yang dapat memastikan kapan datangnya rezeki itu. Meskipun demikian, kita sebagai manusia diwajibkan untuk berusaha atau melakukan ikhtiar. Karena Allah tidak akan mengubah keadaan seseorang selama dia tidak berusaha mengubahnya sendiri. Jika rezeki itu tak kunjung datang, maka tak ada salahnya jika kita berusaha untuk menjemputnya. Jika titipan itu tak kunjung diberikan, maka tak ada salahnya jika kita berusaha menunjukkan bahwa kita memang pantas untuk diberi amanah, dengan cara berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan keturunan.
Nah, terkait kehamilan, sebenarnya faktor yang menyebabkan terlambatnya kehamilan seorang wanita sangat banyak, diantaranya adalah masalah kesuburan atau infertility. Kemudian, yang perlu dicatat pasangan suami istri adalah bahwa ketidaksuburan suami isteri, penyebabnya juga beraneka ragam, diantaranya adalah adalah pola makan. Standard American Diet (SAD) menyatakan bahwa 30% infertilitas diakibatkan karena pola makan yang tidak sehat.
Untuk itu, agar kesuburan pasangan suami istri tetap terjaga dan keinginan untuk mendapatkan keturunan lekas tercapai, maka keduanya hendaknya menjaga pola makan dengan sebaik-baiknya. Khusus bagi sang istri, bikut ini kami persembahkan beberapa jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan:
Pertama: Kacang-kacangan
Kacang-kacangan untuk Meningkatkan Kesuburan Kandungan

Makanan yang berkhasiat untuk menyuburkan kandungan yang pertama adalah kacang-kacangan. Makanan yang satu ini khasiatnya untuk menyuburkan kandungan memang tidak diragukan lagi. Hal itu karena kacang-kacangan mengandung nutrisi yang penting untuk kesuburan wanita, terutama protein. Sebuah penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa dari 19 ribu wanita yang menjadi obyek penetilian, wanita yang lebih sering mengonsumsi protein nabati atau protein yang berasal dari tumbuhan, memiliki masalah kesuburan (infertilitas) yang lebih sedikit dibanding wanita-wanita yang lebih sering mengonsumsi daging-dagingan serta sumber protein hewani lainnya memiliki. Untuk itu, bagi Anda yang mempunyai program kehamilan dan yang diharapkan tak kunjung datang, usahakan untuk memasukkan kacang-kacangan dalam menu harian Anda, seperti kacang kedelai dan olahannya yaitu tempe, tahu, serta susu kedelai, atau kacang hijau.
Kedua: Whole grain
Whole Grains untuk Meningkatkan Kesuburan Kandungan

Whole grain adalah produk makanan berbasis biji–bijian yang disajikan tanpa melalui proses pengolahan atau penggilingan. Dengan demikian, jika dalam suatu kemasan produk tercantum label whole grain, itu artinya bahwa produk tersebut mengandung keseluruhan bagian dari grain atau biji–bijian tertentu, tanpa diolah atau digiling terlebih dahulu, meskipun makanan tersebut telah diolah dengan dipecah-pecah, dihancurkan, atau dimasak.
Akhir-akhir ini produk makanan berbasis biji-bijian utuh, atau populer dengan nama whole grain, menjadi salah satu tren di kalangan masyarakat umum karena diklaim dapat memberikan efek kesehatan yang lebih dibandingkan dengan produk makanan lain.
Bagi wanita yang sedang menjalani program kehamilan, whole grain sangat baik untuk sistem reproduksi, karena makanan yang terbuat dari whole grain tergolong ke dalam jenis karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga membantu menjaga kestabilan gula darah serta insulin. Karena jika kadar insulin naik, produksi hormon yang berhubungan dengan reproduksi akan terganggu.
Teori tersebut dikuatkan dengan sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda. Penelitian tersebut menjadikan 165 pasangan yang sedang menjalani program kehamilan sebagai obyek penelitian. Setelah dilakukan penelitian selama 6 bulan, hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, kemungkinan untuk hamil berkurang hingga 50%.
Untuk itu, bagi ibu-ibu yang sedang menjalani program kehamilan, mengkonsumsi whole grain atau produk-produk makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh hendaknya menjadi salah satu makan alternatif yang harus diprioritaskan. Karena selain mudah didapatkan, harganya pun sangat terjangkau. Perlu dicatat juga, bahwa whole grain dapat ditemukan pada semua produk makanan yang berasal dari biji–bijian. Contoh bahan makanan yang berasal dari biji- bijian adalah  gandum, beras, sorghum, jagung, dan lain-lain.
Ketiga: Ikan
Ikan untuk Meningkatkan Kesuburan Kandungan

Ikan merupakan makanan yang kaya akan protein dan omega 3 yang baik untuk kesuburan kandungan. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Colorado yang menyebutkan bahwa kandungan lemak yang terdapat pada ikan dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Penelitian ini menggunakan tikus sebagai obyek penelitian. Penelitian yang dipimpin Dr. Malgorzata Skaznik-Wikiel ini menemukan bahwa tikus yang di dalam tubuhnya memiliki kadar omega 3 tinggi, sel telurnya mengalami perkembangan dengan baik. Hasilnya, tikus yang memiliki asam lemak omega-3 lebih tinggi, berpotensi memiliki lebih banyak sel telur dibandingkan dengan tikus yang memiliki asam lemak lebih rendah. Hal itu karena asam lemak omega 3 bisa membantu regulasi hormon reproduksi serta memperlancar peredaran darah ke organ reproduksi. Dampaknya, tikus yang memiliki asam lemak omega-3 memiliki cadangan sel telur yang lebih banyak. Dan, jumlah sel telur yang banyak tentu meningkatkan peluang kehamilan, sebab itu berarti bahwa sel telur yang sehat untuk dibuahi juga semakin banyak.
Lemak omega 3 banyak ditemukan pada ikan laut, seperti salmon, tuna, mackerel. Asam lemak omega 3 juga banyak terdapat dalam ikan-ikan yang hidup di alam bebas/liar.
Keempat: Produk Susu (Es krim, yoghurt, keju, dll)
Susu untuk Meningkatkan Kesuburan Kandungan

Produk susu, seperti es krim, yoghurt, keju, dan produk susu yang lain bagi sebagian besar orang adalah monster yang menakutkan karena cenderung identik dengan kolesterol, obesitas, dan darah tinggi. Namun siapa sangka, ternyata produk susu memiliki khasiat yang luar biasa untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Sebuah penelitian jangka panjang yang bertajuk Nurses’ Health Study telah membuktikan hal itu. Penelitian yang dilakukan terhadap 200 ribu lebih wanita yang berprofesi sebagai perawat berusia 30-55 tahun ini, meneliti berbagai aspek yang terkait dengan kesehatan perawat yang menjadi obyek penelitian. Diantara hal yang diteliti adalah diet dan pola makan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa beberapa jenis makanan dalam diet ternyata berpengaruh terhadap ovulasi dan bisa meningkatkan kemungkinan untuk hamil. Jenis-jenis makanan diet tersebut diantaranya adalah es krim, whole milk, dan yoghurt. Walhasil, mengkonsumsi produk-produk susu yang bukan dalam kategori low fat ternyata dapat meningkatkan kesuburan.
Kelima: Minyak zaitun
Minyak Zaitun untuk Meningkatkan Kesuburan

Mungkin belum banyak yang tahu jika minyak zaitun ternyata memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyuburkan kandungan agar cepat hamil. Selain karena di Indonesia minyak zaitun termasuk barang langka, minyak zaitun selama ini lebih dikenal di dunia kecantikan dan dunia kesehatan untuk mengobati penyakit. Kenyataannya, minyak zaitun termasuk makanan yang memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyuburkan kandungan agar cepat hamil.
Berdasarkan penelitian, mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin dapat meningkatkan kesuburan wanita agar cepat hamil. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan dengan menambahkan minyak zaitun dapat meningkatkan kesuburan hingga 40%. Hal ini sangat masuk akal, karena minyak zaitun kaya akan lemak tidak jenuh yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang berperan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu lemak tidak jenuh juga mengurangi terjadinya inflamasi di dalam tubuh yang dapat mengganggu proses ovulasi dan pembuahan, bahkan menyebabkan masalah saat pertumbuhan dan perkembangan embrio.
Kesimpulan
Itulah lima jenis makanan yang berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil. Yang perlu digarisbawahi adalah bahwa cara ampuh dan alami untuk meningkatkan kesuburan agar cepat hamil adalah dengan menjalani pola makan yang sehat. Untuk itu, meskipun berdasarkan penelitian kelima jenis makanan diatas memiliki khasiat yang luar biasa untuk menyuburkan kandungan, namun jumlah makanan yang seharusnya dikonsumsi, mutlak harus diperhatikan agar program untuk menyuburkan kandungan, tidak malah berbalik dan menyebabkan inflamasi karena kelebihan lemak. Tentunya yang paling tahu kadar dan kebutuhan nutrisi yang tepat adalah dokter. Untuk itu, disarankan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter saat menjalankan program atau pola makan tertentu.
Sekian, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment