Sunday, November 5, 2017

10 Tanda Kehamilan yang Akurat

10 Tanda Kehamilan yang Akurat

10 Tanda Kehamilan yang Akurat--Rumah Muslimah. Memiliki buah hati merupakan salah satu hal yang paling didambakan pasangan yang telah menikah. Apalagi bagi pasangan yang telah cukup lama menikah, tapi belum juga dikaruniai keturunan. Bagi mereka, kabar yang paling dinantikan adalah kabar tentang kehamilan. Tak jarang mereka melihat tanda-tanda kehamilan yang dianggap akurat, namun tanda-tanda kehamilan tersebut ternyata hanya menjadi isapan jempol. Mengingat hal ini sering terjadi pada ibu-ibu, terutama ibu-ibu muda, maka kami berusaha menyajikan 10 tanda kehamilan yang akurat, yang umumnya terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Dengan harapan, 10 tanda kehamilan yang akurat ini dapat membantu ibu-ibu dalam mendeteksi kehamilan.
Langsung saja, berikut ini adalah 10 tanda kehamilan yang akurat, yang biasanya muncul pada wanita yang sedang hamil muda.

10 Tanda kehamilan yang akurat (pertama): Terlambat datang bulan
Tanda kehamilan yang paling akurat dan biasanya dapat dipercaya adalah terlambat datang bulan. Pada awal kehamilan, sel telur sudah terbuahi sehingga tidak akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk darah haid (menstruasi), sementara ovarium tidak lagi memproduksi sel telur baru selama masa kehamilan, sehingga ibu hamil tidak datang bulan lagi selama masa kehamilan.  
Hanya saja, terlambat datang bulan tidak selalu berarti terjadi kehamilan. Banyak faktor yang menyebabkan seorang wanita tidak datang bulan, diantaranya adalah karena aktor stres, diet, mengkonsumsi alat kontrasepsi, atau bisa juga karena gangguan hormonal.
Oleh karena itu, untuk memastikan terjadinya kehamilan, ibu-ibu hendaknya menunggu satu minggu setelah jadwal menstruasi. Jika setelah satu minggu dari jadwal yang semestinya ternyata darah haid tak kunjung keluar, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk memastikan apakah sedang hamil muda atau tidak.
10 Tanda kehamilan yang akurat (kedua): Perubahan Bentuk Payudara (Puting)
Diantara perubahan fisik yang mudah dikenali pada wanita yang sedang hamil muda adalah perubahan pada payudara. Yang mana, wanita yang sedang hamil muda ukuran payudaranya akan membesar dan berubah bentuk, terutama pada wanita yang hamil pertama kali. Hal ini terjadi sebagai persiapan untuk memproduksi air susu, terutama bagi wanita muda. Perubahan ini terjadi sebagai dampak dari produksi hormon esterogen dan progesteron yang meningkat dengan cepat.
Selain perubahan bentuk, payudara wanita yang sedang hamil muda juga menjadi lebih sensitif ketika tersentuh. Bahkan, payudara bisa terasa nyeri hanya karena tersentuh bra. Dalam beberapa kasus, wanita yang hamil muda payudaranya juga terasa gatal, terutama bagian puting.
10 Tanda Kehamilan yang akurat (Ketiga): Terjadi Perubahan Bentuk Tubuh
Ketika seorang wanita hamil muda, perut menjadi membesar dan membuncit.  Bahkan, bukan hanya perut yang mengalami perubahan. Bagian tubuh yang lain juga ikut mengalami perubahan, terutama bagian b*k*ng, pinggul, dan payudara, sebagai tanda kehamilan.
Tanda kehamilan lainnya adalah perubahan warna bibir organ kewanitaan. Pada wanita yang hamil muda, bibir organ kewanitaan yang tadinya berwarna merah muda menjadi berwarna lebih pucat atau lebih gelap.
10 Tanda Kehamilan yang akurat (Keempat): Perut Terasa Mual dan Sering Muntah
Semua orang pasti pernah merasakan perut mual dan kepingin muntah. Kalau hal ini terjadi satu atau dua jam, sehari dua hari, barangkali sebabnya adalah makanan atau yang lainnya. Namun, jika hal itu terjadi berhari-hari, bahkan berminggu-minggu, maka bisa jadi itu merupakan tanda-tanda kehamilan.  Mual dan muntah biasanya dirasakan wanita yang sedang hamil muda di pagi hari, sehingga disebut dengan morning sickness. Namun, rasa mual dan kepingin muntah ini bisa saja dirasakan sepanjang hari.
Umumnya, mual dan kepingin muntah mulai dirasakan pada minggu keempat hingga minggu kedelapan masa kehamilan. Akan tetapi, pada beberapa kasus, muntah-muntah sudah terjadi sejak minggu kedua setelah terjadi pembuahan. Rasa mual ini muncul karena kadar esterogen yang diproduksi oleh placenta dan janin meningkat drastis sehingga pengosongan usus berjalan lebih lambat dan mengakibatkan rasa mual.
10 Tanda Kehamilan yang akurat (Kelima): Mudah Lelah
Salah satu tanda kehamilan yang biasanya dirasakan kaum hawa saat hamil muda adalah mudah lelah. Hal ini terjadi karena pada minggu pertama atau kedua masa kehamilan, tubuh bekerja dengan sangat keras untuk memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin.
Pada saat seorang wanita sedang hamil muda, jantungnya akan bekerja lebih keras dan lebih cepat dari biasanya untuk memompa darah. Hormon progesteron juga menjadi depresan alami bagi sistem syaraf pusat sehinga jumlahnya melimpah, yang menyebabkan wanita hamil cepat lelah dan selalu merasa mengantuk. Oleh sebab itu, wanita yang sedang hamil muda biasanya cenderung suka tidur-tiduran dan bermalas-malasan.
10 Tanda Kehamilan yang akurat (Keenam): Terjadi Pendarahan Ringan yang Mengakibatkan Munculnya Flek
Sekitar 10 atau 14 hari setelah pembuahan biasanya terjadi implantasi (implantation bleeding) atau perdarahan yang terjadi karena proses penempelan calon janin ke dinding rahim. Pendarahan yang terjadi pada proses ini biasanya hanya sebentar dan jumlahnya sangat sedikit (hanya berupa bercak). Warnanya juga cenderung lebih terang jika dibandingkan dengan darah keluar saat haid, sehingga kaum wanita biasanya bisa membedakan dengan mudah antara darah yang muncul sebagai dampak dari implantasi, dengan darah haid. Prosess implantasi ini biasanya juga mengakibatkan kram pada bagian perut.

10 Tanda Kehamilan yang akurat (Ketujuh): Lendir Pada Organ Kewanitaan Lebih Banyak
Pada awal-awal kehamilan, organ kewanitaan biasanya mengeluarkan cairan yang mirip dengan keputihan. Cairan tersebut dihasilkan dari proses pembuahan yang berasal dari cervical mucus atau lendir leher rahim. Cairan ini juga biasa disebut dengan lendir serviks. Lendir serviks yang sehat menjadi jalan bagi sperma untuk berselancar menuju saluran telur, membantu menjaga dan melindungi nutrisi sprema, serta membantu pergerakan sperma di dalam rahim agar bertemu sel telur.
10 Tanda Kehamilan yang akurat (Kedelapan): Sering Buang Air Kecil
Ketika seorang wanita sedang hamil muda, janin yang ada di dalam rahim secara otomatis akan membutuhkan ruang yang lebih luas. Peluasan rahim tersebut menyebabkan kandung kemih tertekan dan membuat wanita yang sedang hamil muda sering buang air kecil. Hanya saja, sering buang air kecil belum tentu tanda kehamilan, karena masalah ini juga bisa disebabkan oleh faktor lain.
Yang perlu diperhatikan ibu hamil dalam masalah ini adalah, meskipun pada awal kehamilan kantung kemih belum terlalu tertekan oleh rahim, wanita yang sedang hamil muda sebaiknya tidak menahan buang air kecil, untuk menghindari terjadinya infeksi saluran kemih.
10 Tanda Kehamilan yang akurat (Kesembilan): Nafsu Makan Berkurang dan Sensitif terhadap Bau
Wanita yang sedang hamil muda akan mengalami peningkatan kadar hormon beta-HCG (human chorionic gonadotrophin).  Peningkatan hormon ini biasanya menyebabkan sensitifitas terhadap bau-bauan sehingga wanita yang sedang hamil muda nafsu makannya turun drastis. Untuk itu, jika seorang wanita tiba-tiba memiliki perasaan tidak nyaman atau menjadi sangat sensitif terhadap bau, maka ini bisa jadi merupakan tanda-tanda kehamilan.
10 Tanda Kehamilan yang akurat (Kesepuluh): Merasakan Pusing dan Sakit Kepala
Pusing dan sakit kepala yang biasanya dirasakan para wanita yang sedang hamil muda merupakan dampak dari perubahan sirkulasi darah. Ketika pembuluh darah membesar, sementara tekanan darah mengalami penurunan maka secara otomatis orang akan merasakan pusing dan sakit kepala. Pada awal kehamilan, rasa pusing ini juga bisa disebabkan karena rendahnya kadar gula dalam darah.
Penyebab lainnya adalah perubahan hormon progesteron yang sangat cepat atau kondisi tubuh ibu yang tidak fit saat hamil. Ibu hamil yang pernah mengalami riwayat sakit kepala atau migrain, bisa merasakan dampak yang lebih berat. Sakit kepala juga bisa berhubungan dengan masalah tekanan darah baik itu tekanan darah rendah pada ibu hamil atau tekanan darah tinggi. Untuk menghindari masalah ini, maka ibu hamil hendaknya menghindari konsumsi obat-obatan tanpa disertai resep dokter.
Itulah sepuluh tanda kehamilan yang biasanya muncul pada wanita yang sedang hamil muda. Tentu saja, tanda-tanda atau gejala kehamilan tersebut belum tentu benar. Bisa jadi, gejala-gejala tersebut muncul karena sebab lain, dan bukan karena hamil muda.
Meskipun demikian, ibu-ibu dan wanita pada umumnya harus mengenali tanda-tanda kehamilan ini agar mereka bisa melakukan antisipasi dan menjaga kehamilan, sehingga seandainya mereka benar-benar hamil muda, tragedi keguguran tidak perlu terjadi. Untuk memastikan kehamilan, sebaiknya ibu-ibu tidak hanya mengenali tanda-tanda kehamilan, tapi langsung melakukan pemeriksaan ke dokter.

No comments:

Post a Comment