Monday, July 2, 2012

Kesalahan-kesalahan Yang Harus Dihindari Agar Diet Lebih Efekif Dan Sukses

Kesalahan-kesalahan yang harus dihindari saat diet
Kita kadang sudah melaksanakan diet ketat, namun hasilnya masih belum efektif atau belum berhasil dengan baik. Akhirnya kita jadi bingung: bagaimana sih sebenarnya cara diet yang efektif itu? Adakah tips-tips khusus agar diet kita bisa lebih efektif dan sukses? Asal tahu saja, diet ternyata tidak hanya sekadar menjalani program tertentu, tapi juga harus menjauhi larangan atau pantangan. Nah, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan orang yang sedang menjalani program diet sehingga diet mereka  tidak berhasil atau kurang efektif:

Kesalahan Pertama: Tidak Tahan Godaan

Kesalahan paling sering dilakukan saat melakukan diet adalah tidak tahan terhadap godaan makanan. Yang lebih fatal lagi adalah, ketika Anda akhirnya makan makanan yang seharusnya menjadi pantangan, kemudian Anda merasa bahwa tidak ada gunanya lagi menerapkan sistem diet pada hari itu selama Anda sudah melanggar satu pantangan.
Jika sekali saja Anda memiliki fikiran semacam itu, maka tidak menutup kemungkinan Anda akan mengulanginya pada hari berikutnya. Untuk itu, cara yang terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengkhususkan satu hari dalam seminggu untuk menikmati makanan yang Anda suka.

Kesalahan Kedua: Mengkonsumsi Makanan Diet

Orang yang sedang melaksanakan program diet biasanya selalu memilih makanan yang rendah kalori, lemak, dan gula. Sayangnya, makanan-makanan tersebut kadang tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Akibatnya mereka tidak pernah puas dengan makanan yang mereka konsumsi hingga akhirnya mereka terus makan dan makan sampai tanpa mereka sadari, asupan kalori, lemak, dan gula yang mereka konsumsi justru lebih banyak.

Kesalahan Ketiga: Terlalu Fokus Pada Kadar Kalori Yang Dikonsumsi

Salah satu kesalahan paling populer saat melakukan diet adalah lebih memperhatikan kadar kalori makanan yang dikonsumsi, daripada memperhatikan jenis makanan itu sendiri.
Contoh realnya begini: Anggap saja standar kalori yang boleh dikonsumsi bagi orang yang sedang diet setiap harinya adalah 1800. Nah, ketika Anda mengetahui bahwa makanan yang Anda konsumsi kadar kalorinya masih dibawah 1800, maka Anda akan tergoda untuk makan lebih banyak lagi dengan alasan kadar kalori yang ada konsumsi masih di bawah standar.
Untuk mengatasi masalah ini, pilihlah jenis-jenis makanan yang rendah kalori. Dengan begitu, kadar kalori yang Anda konsumsi tidak melebihi batas normal, sementara Anda juga tidak kelaparan karena kurang makan.

Kesalahan Keempat: Menghindari Makanan Tertentu Secara Sengaja

Sebagian wanita merasa stress dan frustasi ketika mengetahui bahwa berat badan mereka terus bertambah meskipun mereka telah menghindari makanan tertentu seperti snack atau makanan ringan.
Jika selama ini Anda selalu menghindari makanan ringan karena takut kegemukan, buang jauh-jauh pola fikir semacam itu. Karena memakan makanan ringan secara wajar (sakali lagi, secara wajar) tidak akan membuat Anda kegemukan. Justru yang terjadi adalah sebaliknya. Karena dengan mengkonsumsi makanan ringan tiap 4 jam sekali bisa memperlancar pencernaan dan membuat Anda bertenaga sepanjang hari.
Hanya saja, sebisa mungkin hindari makanan ringan yang mengandung banyak minyak dan gula.

Kesalahan Kelima: Takut Kelaparan

Hal paling menakutkan bagi orang yang ingin atau sedang menjalani diet adalah takut kelaparan.
Agar diet Anda berhasil, buang jauh-jauh fikiran itu. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa merasa lapar adalah hal yang wajar. Karena itu berarti bahwa sistem pencernaan Anda masih normal dan proses pembakaran kalori dalam tubuh berjalan dengan lancar. Justru yang perlu dikhawatirkan adalah jika Anda tidak merasa lapar, padahal di hadapan Anda tersedia makanan. Karena itu berarti bahwa Anda mempunyai problem pencernaan, atau memang Anda belum saatnya makan.
Jika Anda sudah mengkonsumsi makanan yang ditentukan dalam program diet, tapi Anda masih merasa lapar, coba atasi hal itu dengan mengkonsumsi makanan ringan. Tapi ingat, jangan makan makanan ringan yang mengandung banyak minyak atau gula. Atau, Anda juga bisa mengatasinya dengan minum air. Karena bisa jadi, Anda sebenarnya tidak lapar, tapi hanya kehausan.

Kesalahan Keenam: Makan Malam Ringan

Saat kita pulang kantor malam hari, kita biasanya merasa sangat lapar. Saking laparnya, kita kemudian makan dengan sangat lahap dan setelah selesai makan baru sadar bahwa makanan yang kita konsumsi lebih dari 1000 kalori! Padahal niat awalnya adalah makan seperlunya saja.
Untuk menghindari hal itu, Anda harus pintar-pintar mengatur makanan yang akan Anda konsumsi. Usahakan separuh dari makanan yang akan Anda konsumsi adalah sayur-sayuran segar, seperempatnya lagi protein, kemudian selebihnya untuk karbohidrat.

Kesalahan Ketujuh: Enggan Sarapan Pagi

Sebagian orang merasa enggan untuk sarapan pagi. Entah karena memang belum lapar, atau karena ingin meminimalisir asupan kalori sejak pagi.
Padahal sarapan pagi sangat penting bagi orang yang sedang diet.
Jika Anda sarapan pagi, maka saat tiba waktu makan siang, Anda tidak terlalu lapar sehingga Anda tak perlu makan banyak. Adapun jika Anda tidak sarapan pagi maka siang harinya Anda akan kelaparan sehingga Anda akan mengkonsumsi semua makanan yang ada.
Selamat menjalankan program diet yang efektif… :)

No comments:

Post a Comment