Wednesday, July 25, 2012

Jenis-jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Sahur


Jenis-jenis Makanan yang Harus Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Sahur --Rumah Muslimah. Ibu yang sedang hamil terkadang merasa bingung: apakah dia harus berpuasa atau tidak di bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Yang jelas, agama tidak pernah memaksa siapapun untuk berpuasa jika dia memang merasa tidak mampu menjalankannya. Agama Islam telah memberikan keringanan kepada ibu-ibu hamil untuk tidak berpuasa jika mereka khawatir akan kesehatannya atau kesehatan janin yang dikandungnya.

Namun, sebagian ibu hamil barangkali merasa kuat untuk menjalankan ibadah puasa. Bagi ibu hamil seperti itu, ia harus tetap menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Pertanyaannya sekarang adalah: apakah puasa tidak akan mempengaruhi perkembangan dan kesehatan janin yang dikandungnya?

Agar tidak ragu, sebelum menjalankan ibadah puasa, ibu hamil hendaknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter specialis kandungan. Jika dokter memang menyatakan tidak masalah, maka dia boleh berpuasa. Namun jika dokter menyatakan bahwa puasa dapat membahayakan janinnya, maka dia hendaknya tidak usah berpuasa.

Nah, untuk menjaga agar nutrisi yang diperlukan janin tetap terpenuhi selama berpuasa, ibu hamil harus memperhatikan jenis makanan yang diasupnya, terlebih saat makan sahur.  Berikut adalah jenis-jenis makanan yang harus dikonsumsi saat makan sahur agar kebutuhan nutrisi janin tetap terpenuhi selama berpuasa:

Makan sahur ibu hamil harus banyak mengandung karbohidrat dan kalori. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan kalori, ibu hamil bisa mengkonsumsi kurma kering atau buah-buahan kering saat sahur.
Makan sahur ibu hamil harus mengandung banyak buah-buahan segar. Buah-buahan segar sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan menghindari dehidrasi pada siang hari.
Ibu hamil harus mengkonsumsi susu secara cukup saat makan sahur. Karena susu sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium janin yang dikandungnya. Jika suka, ibu hamil dapat membuat salad yogurt atau susu rendah kalori.
Demikian jenis-jenis makanan yang harus dikonsumsi ibu hamil saat sahur agar janin yang ada dalam kandungan tetap sehat, meskipun sang ibu sedang menjalankan puasa. Semoga membantu

No comments:

Post a Comment