Sunday, May 13, 2012

Tips untuk Mengatasi Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil

Tips Mengatasi Mual dan Muntah Bagi Ibu Hamil

Tips untuk Mengatasi Mual dan Muntah Pada Ibu Hamil--Rumah Muslimah
Pada ibu hamil, rasa mual atau muntah biasanya terjadi pada awal-awal kehamilan. Kejadian seperti ini biasanya juga di sebut morning sickness. Selama rasa mual tidak disertai dengan muntah yang berlebihan, morning sickness masih bisa dianggap wajar. Namun, jika rasa mual dan muntah tersebut berlebihan dan menyebabkan tubuh lemas atau bahkan sampai diopname karena tidak mau mengkonsumsi makanan apapun, maka ia perlu diwaspadai. Karena hal itu bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Untuk mengatasi rasa mual dan muntah yang berlebihan seperti itu, berikut ini adalah tips-tipsnya:
Tips pertama:
Saat bangun pagi, jangan terburu-buru untuk berdiri. Cobalah duduk dahulu, lalu baru berdiri secara perlahan. Jika Anda merasa mual saat bangun pagi, siapkanlah snack atau biscuit di dekat tempat tidur, lalu makanlah biscuit tersebut sebelum Anda berdiri. Cara tersebut akan sangat membantu untuk menghilangkan mual di pagi hari.
Tips kedua:
Makanlah dalam jumlah sedikit, tetapi sering. Mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang besar akan membuat Anda bertambah mual. Sering makan, walau sedikit, akan membantu mengatasi peningkatan kadar asam lambung pada ibu hamil.
Tips ketiga:
Untuk mengatasi rasa mual, siasatilah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Selain itu, perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran untuk kesehatan Anda dan sang bayi.
Tips keempat:
Pilihlah makanan yang mudah dicerna. Hindari makanan pedas, bersantan, berlemak, atau mengandung asam. Karena makanan-makan tersebut akan memperberat kerja lambung dan membuat Anda bertambah mual.
Tips kelima:
Keseringan muntah bisa menyebabkan dehidrasi. Untuk itu, minumlah air dengan cukup untuk menghindari dehidrasi. Namun, sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat.
Tips keenam:
Buatlah variasi menu makanan supaya Anda tidak cepat bosan dan malas makan. Contohnya, jika Anda bosan atau neg makan ikan dan daging, cobalah menu lain seperti pecel atau tumis.
Tips ketujuh:
Jangan lupa mengkonsumsi vitamin B-6 untuk tetap menjaga kesetahan. Akan lebih baik lagi jika Anda mengkonsultasikan hal itu kepada dokter. Selain itu, untuk mengurangi rasa mual, tak ada salahnya mengkonsumsi jahe dan madu.
Tips kedelapan:
Istirahatlah yang cukup untuk menjaga stamina. Lakukanlah aktifitas yang menyenangkan untuk menghilangkan kejenuhan atau stress di masa-masa kehamilan.
Itulah delapan tips untuk mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil. Semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Terima kasih infonya. Semoga kelak bermanfaat buat aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mb.. semoga bermanfaat bagi saya, mb, dan semua orang...

      Delete
  2. artikel yang sangat membantu sekali buat di pahami,

    ReplyDelete