Friday, March 16, 2012

Cara Melatih Bayi Bicara Sejak Dini

Cara Melatih Bayi Bicara Sejak Dini

Mempunyai anak yang cerdas tentulah dambaan semua orang tua. Apalagi, jika dalam usianya yang masih belia, sang anak sudah mampu berceloteh riang menciptakan keceriaan di rumah. Untuk itu, tak ada salahnya jika kita melatih bayi bicara sejak dini.
Jika kita ingin melatih bayi bicara sejak dini, maka hal itu sebaiknya dilakukan sejak bayi masih berada dalam kandungan.
Tetapi untuk melatih komunikasi 2 arah bisa dimulai sejak bayi baru lahir, karena saat itu bayi sudah bisa mendengar dan mengerti suara manusia, terutama suara ibunya. Setiap apa yang dikatakan orang tua akan tersimpan dimemori otak anak, dan suatu saat si anak akan menirukan apa yang dia dengar, baik itu yang diajarkan orang tua maupun oleh orang-orang di sekitarnya. Walaupun bayi belum bisa merespon dengan kata-kata, tetapi bayi bisa mengungkapkan perasaannya, baik dengan senyuman, gerakan bibir, bersuara, berteriak, mengerakan tangan dan kaki, kepala atau dengan menangis.
Selain itu, melatih anak bicara sejak dini membantu kemampuan komunikasi dan interaksi sosial anak dengan lingkungan, emosi dan perkembangan kecerdasannya..
Langsung saja, berikut tips melatih anak bicara sejak dini;
1. Mengajak anak untuk berbicara sedini mungkin dan sesering mungkin walaupun sang anak belum saatnya untuk berbicara. Sebab, dengan mengajak berbicara sang anak, mereka akan mendengarkannya dan merespon dengan bahasa mereka sendiri. Baik dengan erangan, senyuman atau bahkan tangisan.
2. Gunakanlah bahasa yang jelas dan hindari dahulu pemakaian lebih dari 1 bahasa, serta hindari berbicara dengan cara kas@r dan buruk didepan anak. Karena apa yang anda ucapkan, akan tersimpan dimemori otak anak, dan suatu saat kata-kata itu akan ditiru oleh anak.
3. Bicaralah dengan anak dengan bahasa yang lembut dengan penuh kasih. Dengan berbicara seperti itu, sang anak akan menangkap kasih sayang yang besar dari sang ibu. Dan tentunya hal itu lebih disukai anak.
4. Bicaralah dengan nada yang riang dan manja. Sifat anak yang memiliki rasa manja dan riang akan membuat mereka lebih memperhatikan apa yang anda bicarakan.
5. Jika anda berbicara dengan anak, disarankan untuk mematikan radio dan juga televisi. Karena hal itu bisa memecah konsentrasi anak.
6. Hindari perkataan tidak sopan di depan anak. Karena memori sang anak mampu menangkap itu semua. Atau bahkan suatu ketika anak anda bisa juga menirunya.
7. Ajaklah anak berbicara sambil makan, memakai pampers, sambil bermain, sambil mandi maupun sambil berjalan-jalan dengan anak. Kombinasikan waktu bicara dengan anak agar anak tidak bosan dan lebih menyenangkan buat anak.
8. Gunakanlah kata yang sederhana ketika mengajak anak anda berbicara.
9. Jadilah pendengar yang baik untuk anak anda. Jika dia masih salah dalam mengungkapkan kata, anda bisa membenarkannya di lain waktu dengan mengajaknya bermain. Juga mengulang kata-kata tersebut dengan lembut, hal tersebut untuk menghindari anak dari kejenuhan.
10. Sering-seringlah membacakan cerita untuk anak. Pilihlah buku dengan gambar yang menarik agar anak tertarik untuk mendengarkannya.
11. Dengarkan pula respon anak dalam menanggapi kata-kata anda. Responlah dengan lembut sehingga anak merasa senang karena apa yang dia ucapkan dianggap dapat anda pahami sehingga akan anak lebih sering berkata-kata meskipun tidak terlalu jelas.
12. Sebagai anak, tentu saja dia sangat senang bermain. Disamping mengajaknya bermain, ajaklah dia juga untuk berbicara sambil menikmati mainannya.
13. Berilah pujian untuk anak anda jika dia mampu mengucapkan kata-kata dengan tepat dan jelas.
Itulah cara melatih bayi bicara sejak dini, sehingga dia mampu berbicara sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat. Amin




No comments:

Post a Comment