Friday, March 16, 2012

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

           Makanan bagi seorang ibu hamil adalah hal yang sangat penting. Karena ibu hamil harus memperhatikan kesehatannya, lebih-lebih saat hamil muda. Karena ibu-ibu yang hamil muda biasanya kesehatannya sangat rentan. Untuk itu, kesehatan ibu hamil harus benar-benar dijaga. Salah satu cara yang harus dilakukan adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Seorang yang sedang hamil paling tidak memerlukan 2200 kalori atau 9500kJ dalam sehari. Selain itu, disarankan untuk menambah makanan yang bergizi, 1-2 piring lebih banyak dari porsi biasanya.


Yang lebih penting lagi, seorang yang sedang hamil, terutama hamil muda, harus memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. Untuk itu, ibu hamil harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
Pertama: Makanan sehat untuk ibu hamil harus mengandung nutrisi dan zat-zat yang dibutuhkan ibu hamil.
Makanan sehat yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus mengandung kalsium, protein, vitamin C, vitamin A, serat, karbohidrat, asam folik, dan zat besi, zat seng (zinc), folat (asam folat), kalori (energi).
Kedua: Buah, sebagai makanan sehat ibu hamil harus bersih, steril, dan bebas dari zat-zat berhahaya.
Buah termasuk makanan sehat yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil seperti apel, kiwi, jeruk, anggur, tomat, pisang yang tentunya perlu dicuci terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Hal tersebut untuk menghindari adanya pestisida yang disemprotkan oleh petani sebelum buah dipanen.
Ketiga: Sayuran merupakan makanan sehat untuk ibu hamil yang tidak boleh ditinggalkan.
Ibu hamil juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran. Seperti, bayam, buncis, selada. Ibu hamil juga jangan lupa untuk mengkonsumsi kentang, ubi atau kacang-kacangan.
Keempat: Susu termasuk makanan sehat untuk ibu hamil yang disarankan dikonsumsi
Selain itu, susu juga termasuk minuman sehat untuk ibu hamil yang sangat disarankan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Karena susu memiliki kandungan kalsium yang baik untuk ibu hamil dan juga membantu pertumbuhan janin. Ibu hamil sangat disarankan untuk memilih susu yang mengandung asam folat, kalsium dan vitamin lainnya.
Kelima: Garam beryodium termasuk makanan sehat untuk ibu hamil yang sangat penting.
Jangan lupa pula, untuk menggunakan garam beryodium dalam makanan yang ibu hamil konsumsi. Hal itu untuk menjaga kesehatan janin.
Keenam: Ibu hamil hendaknya menghindari makanan setengah matang
Ibu hamil sebaiknya tidak makan makanan setengah matang, terutama telur.  Dikhawatirkan makanan tersebut mengandung bakteri salmonela yang dapat membahayakan janin.
Ketujuh: Ibu hamil hendaknya menghindari makanan mentah karena tidak sehat untuk ibu hamil
Selain itu, ibu hamil diajurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan mentah. Contoh lalapan, sushi, steak setengah matang dan lainnya. Begitu juga, keju lembek, susu yang tidak disterilkan, pasta lebih baik untuk tidak dikonsumsi, karena dikhawatirkan makanan tersebut mengandung bakteri listeria. Bakteri tersebut sangat berbahaya karena bisa menyebabkan keguguran.
Kedelapan: Ibu hamil hendaknya menghindari makanan yang tidak sehat untuk ibu hamil
Untuk ibu hamil, sebaiknya menghindari terlalu banyak mengemil makan yang tidak sehat, seperti snak dan lainnya. Karena hal tersebut akan membuat berat badan ibu hamil tidak seimbang atau bertambah banyak akibatnya akan sangat sulit menurunkannya setelah melahirkan.
Demikian makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat kami sampaikan. 

No comments:

Post a Comment