Wednesday, March 21, 2012

Diet Sehat Ibu Hamil

Langsing setelah bersalin adalah dambaan semua perempuan pasca melahirkan. Dalam hal ini, salah satu cara yang sering ditempuh ibu-ibu muda pasca kelahiran mereka adalah dengan diet. Sayangnya, tak banyak yang tahu arti diet sesungguhnya. Umumnya, para perempuan mengartikan istilah diet dengan membatasi diri dari pola makan tertentu. Pengartian seperti itu adalah kesalahan besar. Diet yang berar dan sehat adalah dengan memperhatikan pola makan sehat. Berikut tips diet sehat ibu hamil:
1.      menyusui
Pada masa kehamilan, tubuh akan mengalami kenaikan berat badan sebesar 22 - 30 kg. Jika anda mengalami hal itu, disarankan untuk mengurangi berat badan sebesar 1 kg setiap minggunya.
Namun, jika kenaikan berat badan melebihi 22 - 30 kg, anda diperbolehkan untuk mengurangi berat badan sebesar 2 kg  perminggu. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan penurunan berat badan dan juga kesehatan  anda agar tidak mengganggu kuatitas dan kuantitas ASI. Disarankan melakukan program penurunan berat badan yang mendukung, termasuk menjaga dan mencermati konsumsi makanan.
2.      Memperbanyak mangkonsumsi sayur dan buah.
Sayur dan buah sangat bermanfaat untuk ibu dan bayi. Selain menjadi menu sehat diet, sayur yang mengandung banyak zat besi dapat membantu mempercepat pemulihan pasca melahirkan, baik juga untuk kelancaran ASI. Segala jenis sayur segar dan buah-buahan yang tidak terlalu manis mengandung karbohidrat yang paling baik. Agar tidak mudah lemas, perbanyak mengkonsumsi sayur dalam setiap menu makan anda.
3.      Jangan bikin kesalahan.
Pasca melahirkan kebanyakan ibu hamil ingin segera memulihkan tenaga dengan berbagai cara. Termasuk mengkonsumsi berbagai makanan, termasuk ngemil. Terlalu banyak mengkonsumsi junk food dan makanan gurih berlemak akan membuat tubuh semakin melar.
4.      Perhatikan label konsumsi makanan.
Dengan memperhatikan label makanan pada kemasan akan mempermudah ibu-ibu untuk mengetahui makanan yang benar-benar sehat untuk tubuh. Misalnya dengan memilih makanan rendah lemak.
5.      Cari informasi yang tepat untuk program diet anda.
Cara diet yang salah bisa saja mempengaruhi kesehatan ibu dan bayi, untuk itu carilah informasi yang tepat untuk program diet anda. Jangan memaksakan diri dalam diet anda, cukup lakukan secara bertahap. Hal tersebut akan lebih aman dan sehat.
6.      Hindari obat-obat pelangsing.
Tak sedikit ibu-ibu yang mengkonsumsi obat-obat pelangsing dan teh yang bersifat diuretik atau jamu-jamuan untuk mendapatkan tubuh langsing secara cepat, padahal obat-obat tersebut bisa membahayakan produk ASI. Maka dari itu, pilihlah diet sehat yang alami demi menjaga kesehatan anda dan bayi.
7.      Olah raga.
Dengan olah raga ringan, seperti jalan santai, yoga, aerobik dapat mengurangi depresi pada ibu-ibu pasca melahirkan. Olah raga juga membantu anda untuk mendapatkan kembali berat tubuh ideal. Waktu yang tepat untuk memulai olah raga adalah 6 minggu setelah melahirkan.
Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment